Apa Yang di Maksud Dengan CDN? : SEO Speed

Apa yang di maksud dengan CDN?: Akhir-akhir ini banyak website yang menggunakan layanan CDN untuk meningkatkan kecepatan loading serta performa website. CDN (Content Delivery Network) adalah sebuah layanan server pengiriman konten yang memiliki jaringan global untuk mengoptimalkan kinerja website. Ini termasuk bagian dari SEO, karena CDN meningkatkan kemampuan blog ataupun web lebih mudah dijangkau mesin pencari dan diteruskan kepada pengguna.

Gambaran Yang di Maksud Dengan CDN

Layanan jaringan server pengiriman konten atau “Content Delivery Network” memanfaatkan cache untuk mengirimkan konten sebuah website berupa data gambar, file-file Javascript dan video yang cenderung memiliki ukuran meta data tergolong berukuran besar. Pada saat mesin pencari dan perangkat pengguna mengakses sebuah halaman web, maka CDN akan mengirimkan file dan konten dari jaringan server terdekat, sehingga proses ini akan mengurangi waktu respon server atau hosting dari website Kita.

Baca juga: Google Ingin 200 mili detik waktu respon Server Website Kita

 
Contoh Yang di Maksud Dengan CDN





Pentingnya Menggunakan CDN

Performa, kehandalan dan kuota bandwidth merupakan faktor paling utama bagi penyedia layanan online. Jika website atau blog yang kita kelola belum memiliki jumlah visitor yang banyak, menggunakan CDN bukanlah hal penting!. Tetapi bagi sebuah website dengan jumlah pengunjung yang sangat banyak, dan diakses pengguna dari berbagai negara tentu menggunakan layanan CDN adalah hal yang penting! dan wajib.

kehandalan bandwidth bagi penyedia layanan online memiliki dampak yang luas dan secara langsung mempengaruhi peningkatan keuntungan, serta menjamin kepuasan pengguna dari website kita dengan performa tinggi!. Ketika Loading halaman web sangat cepat!, ini adalah peluang besar bagi penyedia layanan online untuk memasarkan berbagi produk kepada pengguna dengan jaringan internet yang lambat.

Pentingnya menggunakan CDN atau layanan jaringan server pengiriman konten adalah, karena jumlah besaran data yang didistribusikan dari server dengan kemampuan menahan jumlah kunjungan atau visitor tinggi. CDN merupakan solusi murah untuk transfer data besar dengan kehandalan juga kecepatan tinggi.

Cara Kerja CDN

Web atau blog dengan jumlah visitor tinggi membutuhkan sumberdaya besar, ketika pengguna website kita sedang mengakses halaman, browser perangkat pengguna akan download setiap data dan file yang terdapat pada halaman website kita. Sebagai contoh file berupa HTML, CSS , Javascript, gambar dan video akan didownload dari server asal website kita.

Yang di maksud dengan CDN, jika blog yang kita kelola memiliki Server berlokasi di indonesia dan pengguna kita banyak yang dari luar negeri, seperti Korea, Taiwan, Hongkong atau bahkan dibelahan negara lainnya. Maka setiap File website kita harus didownload dari browser pengguna yang berlokasi di seluruh penjuru dunia.

Dalam permasalahan seperti ini, server asal website kita akan menjadi terlalu sibuk melayani permintaan data dengan jumlah kunjungan yang tinggi dari berbagai negara, akan membuat server atau hosting kita tidak mampu bahkan menyebabkan server down.

Contoh Web Tanpa CDN

Contoh gambar Web Tanpa CDN

Seperti gambaran di atas bahwa website dengan kunjungan yang sangat tinggi tanpa menggunakan layanan CDN akan sangat berdampak besar terhadap server asal atau hosting penyimpanan data kita. Kesibukan server tinggi melayani secara langsung seluruh pengguna dari berbagi penjuru dunia, berakibat web yang kita jalankan akan membebani hosting atau server milik kita.

Karena alasan tersebut, terciptalah layanan jaringan server pengiriman konten atau disebut CDN yang bekerja mendistribusikan file dari server asal website atau blog kita ke jaringan server di seluruh penjuru dunia. Hal ini akan mengurangi waktu response server yang dibutuhkan browser untuk merender serta mengakses file website kita.

Sebagai contoh, pengguna website kita yang berlokasi di korea akan dilayani CDN yang kita gunakan dari jaringan server terdekat di Korea. Dan bukan dilayani langsung dari server asal website kita yang berlokasi di Indonesia (contoh).

Manfaat Menggunakan CDN

Sebuah layanan jaringan server pengiriman konten atau CDN (Content Delivery Network) memberikan banyak manfaat untuk website atau atau blog dengan kunjungan tinggi, sebagi berikut:

  • Pengguna kita dari baerbagai penjuru dunia dapat mengakases lebih cepat website kita tanpa mengalami masalah loading, karena semua file website kita dapat di download dari server terdekat dan bukan bukan dari server asal.
  • CDN dapat menghemat biaya untuk menambah bandwidth server asal, karena biaya CDN lebih ringan dengan jumlah visitor tinggi.
  • Langkah meningkatkan skor Google pagespeed, yaitu mengurangi waktu respon server karena request data dapat dilayani dari server CDN terdekat. Google menginginkan kecepatan respon server dibawah 200 mili detik.

Itulah sedikit hal mengenai “apa yang di maksud dengan CDN”, untuk meningkatkan SEO Speed website atau blog wordpress yang kita kelola. Semoga bermanfaat. SALAM





Mohammad Aziz Ditulis Oleh

Buat Komentar Anda