Cara Mengatasi Gembok SSL Tidak Tampil di Tab Browser

Bagaimana cara mengatasi gembok SSL tidak tampil di tab browser? – Bagi anda yang sudah membeli dan memasang sertifikat SSL atau HTTPS untuk meningkatkan keamanan pada website Anda. Namun memiliki kendala dengan tidak muncul ikon gembok hijau pada tab browser?.

Masalah dengan gembok HTTPS / SSL yang tidak mau tampil ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor pada halaman blog atau web Anda. Meskipun alamat URL kita dapat diakses menggunakan HTTPS, jika pada halaman kita masih terdapat URL default, maka ikon keamanan gembok hijau SSL tidak akan tampil di tab browser.

URL yang yang sudah dibuat redirect dari HTTP ke HTTPS juga tidak akan mengatasi masalah tersebut. Bagi Anda yang sedang memiliki masalah dengan gembok SSL atau HTTPS (pengguna baru) memang agak membingungkan. Kejadian tersebut seperti yang pernah dialami sendiri oleh admin ideatoz.com.

Cara Mengatasi Gembok SSL Tidak Tampil di Tab Browser





Jika Anda memang baru memasang sertifikat SSL!, untuk mengatasi masalah tidak muncul gembok hijau di awal url website atau blog wordpress self hosting Anda?, lakukan redirect HTTP ke HTTPS terlebih dahulu.

Baca juga: Cara redirect HTTP Ke HTTPS blog wordpress

Cara Mengatasi Gembok SSL Tidak Tampil

Setelah anda membuat pengalihan URL atau redirect dari HTTP Ke HTTPS dengan benar, silakan periksa kembali alamat url Anda pada tab browser. Gunakan beberapa browser untuk memeriksanya, seperti Mozilla, Google Chrome, Opera, Internet Explorer (ie) dan browser lainnya jika memungkinkan.

Cara mengatasi gembok SSL yang tidak tampil ini sedikit membingungkan jika kita baru memasang sertifikat, perlahan-lahan kita cari apa penyebab tidak munculnya ikon gembok hijau tersebut. Nah, setelah kita melakukan pengecekan beberapa halaman diberbagai browser, namun masih juga tidak tampil ikon gembok hijau SSL. Itu berarti masih terdapat URL internal yang menggunakan HTTP dan dianggap oleh beberapa browser sebagai url yang tidak aman untuk diakses pengguna.

HTTPS mixed content

Hal tersebut biasanya dinamakan https mixed content, yaitu terjadinya campuran konten https dan http pada halaman internal website atau blog wordpress kita. Ini berarti berhubungan dengan desain template yang kita gunakan. Seperti penggunaan background gambar pada template, sidebar, atau gambar-gambar selain dalam posting dengan url yang masih mencantumkan http.

Jika kita sudah membuat redirect dari HTTP ke HTTPS dalam rangka meningkatkan sistem keamanan website, baik manual atau menggunakan Plugin. Maka secara otomatis seluruh gambar dalam posting akan diredirect menjadi https. Tetapi untuk gambar atau foto selain dalam posting tidak akan redirect. Untuk mengatasi masalah gembok hijau SSL yang tidak tampil di tab browser, sebaiknya gantilah awalan URL konten gambar internal dari HTTP menjadi HTTPS.

Untuk konten gambar Eksternal tidak ada masalah biasanya, tetapi jika anda masih ragu jangan menggunakan url gambar eksternal, seperti badge copyscape, DMCA dan sejenisnya. Sebaiknya gambar-gambar tersebut upload terlebih dahulu pada website atau blog kita untuk dipasang pada sidebar atau footer.

Gembok SSL Tampil

Setelah anda mengganti dan memperbaiki URL konten gambar eksternal secara keseluruhan, silakan cek kembali apakah gembok hijau SSL sudah bisa tampil pada semua tab browser. Biasanya Gembok SSL sudah tampil dengan benar jika kita sudah memperbaiki semua URL gambar internal. Jika masih tidak mau muncul juga, silakan memeriksa halaman anda menggunakan Inspect Element.

Inspect Element

Mengetahui kesalahan struktur website atau blog WP anda menggunakan Inspect Element. Dengan memanfaatkan fungsi inspect element ini kita dengan mudah mengetahui laporan yang akurat tentang terjadinya https mixed content. Atau beberapa error lain yang terdapat pada website kita.

Caranya buka blog atau website Anda kemudian Klik kanan » pilih inspect element dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Mengetahui error SSL dengan Inspect Element

Seperti contoh gambar diatas saya menggunakan browser gogle chrome, pada Inspect Element dijelasakan URL apa saja yang terdapat konten campuran/ HTTPS mixed content. Setelah mengetahui secara detail bagian mana saja yang harus di perbaiki, segera lakukan perbaikan URL yang yang menjadi penyebab gembok SSL tidak tampil di tab browser. Setelah anda perbaiki konten campuran, periksa kembali dan selamat, Ikon gembok sudah bekerja dengan baik pada semua tab browser.

Nah, demikian sedikit info mengenai cara mengatasi gembok SSL tidak tampil di tab browser. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika ada pertanyaan silakan pada kolom komentar. Salam Blogging dengan WordPress.





Mohammad Aziz Ditulis Oleh

Buat Komentar Anda