Tingkatkan Performa WordPress Dengan Plugin Autoptimize

Tingkatkan Performa WordPress dengan plugin Autoptimize, dan kecepatan blog anda akan WOW! mungkin itulah ungkapan yang dapat saya sampaikan. Sebuah plugin wordpress yang meningkatkan kecepatan blog ideatoz.com juga untuk website Anda, jika sudah memasangnya. Kemampuan Autoptimize sangat membantu kita untuk menghemat bandwidth dengan cara meminimalkan 3 unsur utama blog wordpress seperti Javascript/JS, CSS dan HTML.

Autoptimize yang telah berusia hampir 4 tahun sejak peluncuran versi pertama hingga saat artikel ini ditulis, sudah mencapai Versi 2.1.0 dengan install aktif 100.000 lebih pengguna WordPress. Plugin Autoptimize ini sangat membantu saya untuk optimasi kecepatan blog ideatoz.com. Setelah memasang dan setting yang sangat mudah, saya memperoleh peningkatan speed hingga diatas 25% jika dibandingkan dengan sebelum menggunakan plugin Autoptimize.

Tingkatkan Performa WordPress dengan plugin autoptimize

Bagi anda yang memiliki kendala blog wordpres dengan masalah kecepatan loading, mungkin bisa mencoba plugin autoptimize untuk meningkatkan kinerja wordpress Anda. Saya juga install autoptimize ini di beberapa blog WordPress yang lainnya dengan visitor yang lumayan dan tidak ada masalah dengan kecepatan loading.

 

Tingkatkan Performa WordPress Dengan Plugin Autoptimize





Plugin autoptimize ini sebenarnya sangat sederhana dalam hal pengaturan (setting), namun kemampuannya yang luar biasa! patut saya acungi jempol. Pada pengujian tools kecepatan, seperti GTmetrix, tools.pingdom, bahkan di Pagespeed insight ideatoz.com mampu memperoleh skor 100/100 mobile dan 100/100 desktop.

Tidak haya pada halaman home page saja tetapi juga pada halaman inner page memperoleh skor yang bagus!. Dalam semua hal saya telah menyaksikan peningkatan performa blog wordpress ini yang semakin baik. Untuk menerapkan Plugin autoptimize silakan mencari di direktori plugin wordpress, atau bisa download gratis langsung di:

https://id.wordpress.org/plugins/autoptimize/

Cara setting Plugin Autoptimize

Setelah anda instalasi dan mengaktifkan plugin selanjutnya pengaturan dan cara setting Autoptimize. Untuk mengoptimalkan kecepatan loading blog wordpress self hosting, tergolong sangat mudah. Ada sedikit pengaturan yang perlu di centang dan tidak perlu, mengikuti kebutuhan kita dalam hal optimasi kecepatan. Beberapa langkah tersebut dapat kita lakukan melalui panel tahap demi tahap sebagai berikut:

Cara setting Plugin Autoptimize

 

  • HTML Options
  • JavaScript Options
  • CSS Options
  • CDN Options

Seperti gambar diatas Itu hanya setting dasar, lanjutkan dengan klik Show advanced settings dan akan muncul beberapa pilihan centang, saya uraikan satu persatu cara setting Autoptimize sebagai berikut:

Centang Opsi HTML

Fungsi centang HTML option Autoptimize adalah mengoptimalkan HTML blog atau website kita dengan menghilangkan jeda baris secara otomatis, menghilangkan spasi dan juga mengoptimalkan HTML pada komentar. Jika blog atau web anda terdapat kolom komentar aktif silakan centang opsi tersebut.

centang HTML option Autoptimize

Namun, jika tidak tersedia kolom komentar pada blog anda tidak perlu di cetang pada opsi tersebut. Biasanya komentar tidak digunakan pada Web toko online dan sejenisnya, untuk opsi Keep HTML comments? biarkan kosong (tidak dicentang), ini sangat dianjurkan untuk trik optimasi kecepatan. Walaupun performa kurang begitu signifikan pada HTML, tidak seperti optimasi JavaScript dan CSS yang harus di tingkatkan dengan baik pengoptimalannya.

Baca juga: Gunakan valid HTML agar SEO blog bagus

Namun, mengoptimalkan HTML juga memiliki dampak positif untuk mengurangi jumlah byte yang di render oleh browser pengguna dan ini termasuk langkah awal untuk mengurangi beban saat loading. Pada akhirnya akan mengurangi waktu respon server, muat halaman lebih cepat karena jumlah byte HTML sudah di optimasi, hal ini juga mengurangi beban pada server atau hosting kita.

Centang Opsi Javascript

Pengaturan centang Opsi Javascript pada plugin Autoptimize ini murni pengalaman saya pribadi. Jika anda memiliki pengetahuan tentang mengkombinasi Javascript itu semakin baik, yaitu menjadikan satu keseluruhan JS pada wordpress. Dan kinerja optimasi Javascript akan semakin sempurna dengan menggunakan plugin autoptimize.

 

Setting plugin autoptimize kinerja optimasi Javascript

Untuk meminimalkan JS menggunakan plugin Autoptimize , silakan mencentang kotak pertama dan akhir seperti pada gambar di atas tersebut (pengalaman Saya optimasi blog ideatoz.com ini).

TIPS: Jika template atau theme WordPress yang Anda gunakan memiliki desain khusus yang dijalankan oleh JavaScript, apabila opsi centang seperti di atas yang anda gunakan. Mungkin blog atau website tidak bekerja seperti semestinya karena fungsi centang plugin Autoptimize seperti diatas akan menunda request JavaScript akan dimuat pada bagian terakhir. Setelah HTML dimuat secara sempurna, baru perintah JS akan bekerja, seperti efek gambar slide dan sejenisnya.

Centang Opsi CSS

Untuk menghindari hal-hal yang tidak anda inginkan, seperti tampilan blog wordpress atau website anda berantakan bentuknya. Ini karena CSS sangat berhubungan dengan tampilan dari website. Jadi, silakan centang sesuai pada gambar dibawah ini, berdasarkan pengalaman saya pribadi.

optimasi CSS plugin autoptimize WordPress

Opsi centang CSS pada plugin Autoptimize juga terdapat hapus atau Remove Google Fonts jika tidak anda kehendaki. Namun akan berdampak pada bentuk dan ukuran font blog anda. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan template wordpress yang anda gunakan.

Options CDN

Pada baris opsi ini saya tidak mengisinya dengan apapun, karena masih belum menggunakan layanan CDN untuk blog ini, jadi pada bagian ini saya biarkan kosong. Jika anda memiliki layanan CDN bisa mengisi form tersebut untuk memaksimalkan kinerja WordPress self hosting Anda.

Baca juga: Apa yang di maksud dengan CDN

 

layanan CDN integrasi dengan Plugin autoptimize WordPress

Manfaat Penggunaan Plugin Autoptimize

Nah, setelah memasang , mengaktifkan dan setting plugin Autoptimize seperti diatas, blog WordPress ideatoz.com mampu mendapat score 100/100 mobile dan 100/100 desktop pada google pagespeed insight. Tentunya bukan hanya plugin autoptimize saja, ada beberapa poin lagi yang harus di optimasi.

silakan cek skor 100/100 google pagespeed insight ideatoz.com

Kesimpulan tentang penggunaan plugin autoptimize Ini benar-benar meningkatkan performa website/blog WordPress semakin baik. Jika anda tertarik silakan mencoba, setidaknya mengetahui perbedaan performa sebelum dan sesudah install plugin Autoptimize untuk wordpress Anda.

Jika ada pertanyaan atau memilki ide lain tentang “tingkatkan performa WordPress dengan plugin autoptimize” silakan pada kolom komentar dibawah. SALAM





Mohammad Aziz Ditulis Oleh

Buat Komentar Anda